Minggu, 15 Februari 2015

Bagian Mesin Mobil dan Fungsinya

Mobil merupakan sebuah kendaraan yang terdiri dari berbagai macam bagian. Masing-masing bagian tersebut mempunyai fungsi masing-masing serta cara perawatan yang berbeda. Berikut ini bagian-bagian mesin mobil dan fungsinya:

  1. Skring: Untuk mencegah terjadinya konsleting.
  2. Amperemeter: Untuk mengontrol arus listrik.
  3. Kunci Kontak: Untuk menghubungkan & memutuskan arus listrik.
  4. Karbulator: Untuk mencampur bahan bakar & udara menjadi kabut/gas.
  5. Regulator: Untuk merubah arus AC menjadi DC.
  6. In House Manifoll: Untuk Saluran bahan bakar gas baru.
  7. Eks House: Untuk Saluran buang gas sisa pembakaran.
  8. Radiator: Untuk menampung air sekaligus mendinginkannya.
  9. Tutup Radiator: Untuk menahan tekanan air.
  10. Radiator Bagian Atas: Untuk tempat air panas.
  11. Inti Radiator: Untuk Mendinginkan Air.
  12. Radiator Bagian Bawah: Untuk tempat air dingin.
  13. Selang Atas Radiator: Untuk tempat aliran air panas menuju ke radiator.
  14. Selang Bawah: Untuk tempat aliran air dingin menuju ke mesin.
  15. Alternator: Sebagai generator listrik sekaligus mensuplai baterai.
  16. Motor Starter: Untuk menggerakan pulas suatu engine.
  17. Termostat: Untuk mengoptimalkan kerja mesin, sehingga mencapai suhu temperature kerja 80-90′C.
  18. Kipas: Untuk mendinginkan antara radiator dengan mesin bagian luar.
  19. Pompa Air: Untuk mensirkulasi air pendingin dalam mesin menuju radiator.
  20. Tutup Oli: Untuk menahan tekanan pelumas/oli supaya tidak keluar.
  21. Tutup Kepala Silinder: Untuk melindungi mekanisme katup.
  22. Kepala Silinder: Sebagai dudukan busi, dan sebagai ruang bakar.
  23. Blok Mesin: Sebagai tempat dudukan komponen-komponen busi, poros pengkol, dll.
  24. Kalter/Bak Oli: Untuk menampung Pelumas.
  25. Switch Temperature: Untuk mengontrol suhu waktu kerja.
  26. Busi: Untuk memercikan bunga api.
  27. Pompa Bensin: Untuk memompa bensin dari tangki mesin menuju ke karbulator.
  28. Stick Oli: Untuk mengukur keadaan oli dan volume jenis oli.
  29. Distributor: Untuk membagikan arus tegangan listrik menuju kemasing-masing busi.
  30. Saringan Oli: Untuk menyaring pelumas/oli sebelum menuju kepemakai.
  31. Switch Oli: Untuk mengontrol tekanan oli.
  32. Oil: Untuk merubah tegangan dari 12 volt menjadi 5000-20000 volt.
  33. Fly Whill/Roda Gila: Untuk meneruskan putaran mesin menuju antara kopling & transmisi.
  34. Saringan Bensin: Untuk menyaring bensin menuju kepompa bensin.
  35. Pully: Sebagai tempat dudukan panbell.
  36. Knalpot: Saluran buang gas.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com